Senin, 28/10/2013

Ini Dia Lokasi Perkantoran Termahal di Dunia

-jktproperty.com
Share on: 515 Views
Ini Dia Lokasi Perkantoran Termahal di Dunia

SINGAPURA, jktproperty.com – Tingginya permintaan ruang perkantoran dari sektor perbankan dan teknologi disebut-sebut telah mendorong kenaikan harga ruang perkantoran di banyak negara di dunia. Jones Lang LaSalle mengungkapkan ada 12 lokasi perkantoran utama di dunia yang tercatat sebagai lokasi perkantoran termahal.

Riset yang dipublikasikan Jones Lang LaSalle di Singapura itu juga mengungkapkan berbagai tren ekonomi global dan regional serta menyoroti berbagai faktor kunci yang menjadi pertimbangan perusahaan dalam mencari lokasi perkantoran di lokasi premium.

Dari daftar yang ada, semua kawasan perkantoran yang ada berlokasi di kota yang mudah diakses secara internasional dan saling terhubung. Selain itu, juga merupakan lokasi kantor pusat perusahaan-perusahaan top dunia dan dihuni oleh high net worth individuals. Berikut adalah 12 lokasi perkantoran termahal di dunia:

1. ST James’s, London: GBP 125 per sq. ft. per tahun (USD 194 per sq. ft per tahun). Merupakan lokasi kantor bagi perusahaan hedge dan sovereign wealth funds berskala dunia, dan juga niche wealth and investment managers, ST James’s mencerminkan kawasan West End sebagai kawasan dengan tingkat aksesibilitas yang tak tertandingi, dengan fasilitas mewah dan lokasi yang mudah terjangkau.

2. Central, Hong Kong: HKD 105 per sq. ft. per bulan (USD 162 per sq. ft. per tahun). Dilengkapi dengan hotel dan retail kelas atas, jaringan transportasi yang sangat baik dan terkoneksi, Central adalah lokasi terbaik untuk komunitas perbankan.

3. Finance Street, Beijing: RMB 750 per sqm per bulan (USD 137 per sq. ft. per tahun). Kawasan Beijing ini dirancang khusus untuk lembaga keuangan tingkat tertinggi dan perusahaan besar milik Negara. Finance Street ini juga menarik minat dari perusahaan investasi bank dan perusahaan asuransi global.

4. Rue du Rhone, Jenewa, Swiss: CHF 1,150 per sqm per tahun (USD 116 per sq. ft. per tahun). Rue du Rhone merupakan lokasi utama di Jenewa untuk perusahaan manajemen investasi privat, perbankan dan ritel mewah.

5. Menlo Park, Silicon Valley, California, AS: (USD 111 per sq. ft. per tahun). Sebagai pusat bidang teknologi, Sand Hill Road di Menlo Park merupakan rumah bagi banyak perusahaan kapitalis.

6. Kremlin Area, MOSCOW : US$1,150 per sqm per tahun (USD 107 per sq. ft. per tahun). Ruang perkantoran di daerah Kremlin populer dengan perusahaan Rusia, perusahaan perbankan internasional serta kantor hukum. Pengembangan bangunan baru sangat dibatasi sehingga membantu meningkatkan nilai sewa perkantoran.

7. Fifth AvenueMidtown Manhattan, AS: US$140 per sq. ft. per tahun. Tempat yang memiliki konsistensi dalam peringkat sebagai pusat perbelanjaan termahal di dunia, Fifth Avenue juga merupakan tempat bagi lembaga keuangan yang mencari lokasi terbaik di Midtown.

8. Raffles Place/Marina Bay, Singapura: SGD per sq. ft. per bulan ( USD 103 per sq. ft. per tahun). Pusat kawasan keuangan Singapura yang dilengkapi oleh system kereta bawah tanah kelas dunia menjadikannya lingkungan yang baik untuk bekerja, tinggal dan bermain.

9. Golden Triangle, Champs Elysees Area, Paris: Eur 800 per sqm per tahun (USD 99 per sq. ft. per tahun). Pusat pariwisata dan belanja di Paris ini juga menjadi pusat perkantoran untuk bisnis dengan nilai tambah yang tinggi seperti kantor hukum dan bank, dan cocok untuk perusahaan yang mencari kemudahan akses dan gedung berkualitas serta mudah dijangkau oleh klien.

10. Marunouchi, Tokyo: JPY 28,600 per tsubo per bulan (USD 98 per sq. ft. per tahun). Marunouchi terletak di sisi barat Stasiun Tokyo, merupakan daerah perkantoran bertingkat yang sudah lama dibangun dan lantai bawah biasa digunakan sebagai tempat perbelanjaan mewah dan lantai atas difungsikan sebagai kantor.

11. Kawasan Uraniastrasse dan Paradeplatsz, Zurich: CHF 900/ per meter per tahun (USD 91 per sq. ft. per tahun). Uraniastrasse dan area di sekitar Paradeplatz yang berada di pusat kawasan bisnis kota Zurich memiliki fitur aksesibilitas dan fasilitas yang sangat baik, didominasi oleh sektor perbankan dan wealth management.

12. Lujiazui, Shanghai: RMB 16 per sqm per hari (USD 87 per sq. ft. per tahun). Lujiazui berubah dari padang rumput kosong menjadi distrik keuangan yang ramai hanya dalam waktu 20 tahun dan saat ini menjadi kawasan pusat bisnis Shanghai terbesar, merupakan tempat bagi 650 perusahaan perbankan China dan Internasional.

Meskipun terjadi gejolak di pasar keuangan dalam beberapa tahun terakhir, penelitian menunjukkan sektor keuangan sebagai pendorong utama permintaan di lokasi-lokasi premier tersebut. Kurangnya ruang yang tersedia memberikan kesan eksklusifitas, sehingga memikat perusahaan-perusahaan dari sektor lain seperti ritel, hospitality dan pariwisata.

Direktur riset JLL Jeremy Kelly mengatakan kota-kota global yang sama akan terus mendominasi daftar ini dalam beberapa tahun mendatang, walaupun urutannya akan berubah sesuai dengan sektor yang mengatur keadaan pasar serta berkembangnya teknologi dan sektor telekomunikasi. Sebagai contoh, Silicon Valley akan terus berkembang dan menaiki daftar sesuai dengan tingkat perkembangan teknologi yang mendorong nilai sewa.

“Dengan meningkatnya sewa ruang kantor premium di kawasan bisnis di beberapa kota di Amerika Serikat, kita bisa memprediksi masuknya beberapa kota dari Amerika Serikat ke dalam daftar ini selama 24 bulan kedepan,” tambahnya.

Namun kondisi pasar yang dinamis juga dapat mengakibatkan efek yang berlawanan. “Selama bertahun-tahun Tokyo merupakan pasar perkantoran termahal didunia,” Kelly menambahkan, “namun terpukul keras oleh krisis keuangan global dan dikalahkan oleh kota-kota Asia lainnya”. (PIT)