Kamis, 13/12/2012

IMF: Harga Properti Hong Kong Akan Terkoreksi Tajam

-jktproperty.com
Share on: 454 Views
IMF: Harga Properti Hong Kong Akan Terkoreksi Tajam

HONG KONG: Dana Moneter Internasional (IMF) kemarin memperingatkan pelaku bisnis properti bahwa harga properti di Hong Kong cenderung bisa mengalami koreksi yang sangat tajam menyusul adanya peningkatan harga yang cukup tinggi di salah satu pasar properti termahal di dunia itu.

Seperti dikutip dari laman South China Morning Post, pasar properti Hong Kong menghadapi risiko koreksi tajam karena harga properti telah mengalami kenaikan dua kali lipat dibandingkan harga properti pada 2009. Harga residensial di pusat keuangan Asia itu, demikian IMF, telah meroket harganya sebesar 90% sejak 2009.

IMF mensinyalir kenaikan harga properti itu dipicu meningkatnya pembelian properti oleh kalangan kaya yang datang dari China daratan. IMF memperingatkan, bahwa kenaikan tajam yang cepat pada harga rumah meningkatkan risiko koreksi tiba-tiba. Dalam tinjauan tahunan ekonomi Hong Kong, koreksi harga properti yang tajam akan mengakibatkan nilai agunan jatuh dan berdampak negatif terhadap perekonomian Hong Kong.

IMF juga menilai, sektor properti merupakan sumber utama risiko ekonomi domestik. Namun, banyak analis mengatakan kemungkinan koreksi harga yang cukup besar dan menyeret persoalan makroekonomi dan keuangan secara sistemik tampaknya masih kecil kemungkinannya. Apalagi pemerintah Hong Kong pada Oktober lalu mengumumkan bea meterai 15% pada pembeli penduduk non-permanen dan perusahaan serta bea materai lebih tinggi pada penjualan kembali properti dalam waktu tiga tahun.

Kebijakan ini ditempuh sebagai upaya mengendalikan lonjakan harga, karena pelemahan ekonomi global terus mempengaruhi perekonomian domestik. IMF mengatakan, pihaknya memperkirakan ekonomi Hongkong tumbuh hanya 1,25% tahun ini, sebelum berbalik naik menjadi 3% pada 2013 nanti.

Pada 2010 Hong Kong mencatat pertumbuhan pasar perumahan terbesar di dunia, dimana pertumbuhan pasar perumahan mencapai 20,1%. (GUN)