Kamis, 02/10/2014

Hemat Energi, Gedung Kementerian PU Raih Penghargaan ASEAN

-jktproperty.com
Share on: 2099 Views
Hemat Energi, Gedung Kementerian PU Raih Penghargaan ASEAN
Foto: Gedung Utama Kementerian PU
RAIH PENGHARGAAN: Gedung Kementerian Pekerjaan Umum (PU) berhasil meraih penghargaan untuk kategori New and Existing Building dalam ajang “ASEAN Best Practises Energy Efficient Building Awards” yang diselenggarakan akhir bulan lalu di Laos. Penghargaan itu diberikan karena gedung Kementerian PU tersebut berhasil melakukan penghematan energi hingga 61%.

JAKARTA, jktproperty.com – Gedung Kementerian Pekerjaan Umum (PU) yang didesain hemat energi berhasil meraih penghargaan untuk kategori New and Existing Building dalam ajang “ASEAN Best Practises Energy Efficient Building Awards” yang diselenggarakan akhir bulan lalu di Laos. Penghargaan itu diberikan karena gedung Kementerian PU tersebut berhasil melakukan penghematan energi hingga 61%.

“Gedung ini memang telah menghemat energi sampai 61%, kita hanya membayar listrik 39%. Sebelumnya Gedung Utama Kementerian PU telah menang di Indonesia. Sehingga, Kementerian ESDM mengikutsertakan kita untuk tingkat ASEAN kategori New and Existing Building,” ujar¬†Kepala SNVT Pengembangan, Pengendalian dan Pelaksanaan Pekerjaan Strategis Kementerian PU Yennel S Suzia.

Menurut dia, Kementerian PU akan terus melakukan langkah hemat energi di gedung ini. Di antaranya dengan melakukan penghematan air dengan teknologi daur ulang air hujan. “Ke depan PU berusaha untuk hemat air air, daur ulang air hujan untuk kita pakai untuk minum juga, itu yang akan kita usahakan. Sekarang air baru hemat 28% dari target hemat 60% seperti listrik, malah listrik tadinya target kita hanya 45%,” katanya.

Akhir 2013 lalu Kementerian ESDM memberikan penghargaan kepada gedung Kementerian PU untuk kategori gedung pemerintah yang paling hemat energi. Penghargaan diberikan pada acara “Penghargaan Efisiensi Energi Nasional Tahun 2013 (PEEN 2013)” dihadiri oleh perwakilan berbagai kementerian dan lembaga negara, pemerintah daerah, akedemisi, asosiasi dan lainnya.

Direktur Jenderal Enerrgi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk penghargaan pemerintah terhadap pelaku industri, swasta dan, pemerintah daerah dalam mendukung penghematan energi dan konservasi energi. Pemenang di ajang inilah yang mewakili Indonesia dalam ajang ASEAN Energy Award 2014. (EKA)