Selasa, 17/02/2015

Harga Tanah Jakarta Makin Mahal, Pengembang Lirik Pinggiran

-jktproperty.com
Share on: 671 Views
Harga Tanah Jakarta Makin Mahal, Pengembang Lirik Pinggiran
Foto: Ilustrasi
LIRIK PINGGIRAN: Para pengembang semakin intensif membidik Tangerang dan Bekasi sebagai wilayah pembangunan apartemen strata-title (kondominium) lantaran harga tanah di Jakarta sudah terlampau tinggi.

JAKARTA, jktproperty.com – Akibat tingginya harga tanah di Jakarta para pengembang semakin melirik kawasan pinggiran Jakarta seperti Tangerang dan Bekasi sebagai lahan untuk pembangunan apartemen strata-title (kondominium). Riset Cushman & Wakefield mengungkapkan sampai dengan penghujung 2014 lalu, Tangerang punya 27% dari total 138.574 apartemen yang ada di Jabodetabek. Sementara di Bekasi sekitar 14%.

Persentase apartemen di Tangerang dan Bekasi di masa mendatang, demikian Head of Research and Advisory Cushman & Wakefield Arief Rahardjo, akan terus meningkat seiring dengan semakin ahalnya harga tanah di Jakarta. “Makin banyak lokasi seperti Tangerang, Bekasi, Bogor dan Depok dikembangkan untuk apartemen strata-title. Tangerang dan Bekasi khususnya, kami lihat sangat aktif,” katanya.

Selain pertimbangan harga tanah, kata dia, pertimbangan pengembang memilih daerah di pingiran Jakarta karena aksesnya mulai membaik. “Kita lihat misalnya infrastruktur tol seperti Jakarta Outter Ring Road 1 yang membentang dari Penjaringan hingga Cakung. Ini akan sangat memudahkan akses di kawasan Bekasi.”

Sementara itu untuk Jakarta, Jakarta Selatan masih memegang mayoritas apartemen terbangun di Jakarta, yakni dengan angka 29% disusul  Jakarta Utara (21,2%). (PIT)