Sabtu, 23/02/2013

Harga Sewa Perkantoran di London Termahal di Dunia

-jktproperty.com
Share on: 479 Views
Harga Sewa Perkantoran di London Termahal di Dunia

JAKARTA, jktproperty.com – Harga sewa perkantoran di London, Inggris, tercatat paling mahal sedunia. Riset konsultan properti Cushman & Wakefield bertajuk Office Space Across the World 2013 yang dipublikasikan pekan ini mengungkapkan mahalnya tarif sewa kantor di London lebih dipicu oleh kurang tersedianya perkantoran berkualitas di kawasan ini sehingga memunculkan kompetisi sengit dan mendongkrak harga sewa.

Kawasan perkantoran West End, London, saat ini menjadi kawasan perkantoran dengan tarif termahal di dunia, mengalahkan kawasan perkantoran yang ada di central business district (CBD) Hong Kong. Ini adalah pertama kalinya posisi Hong Kong yang selalu menempati posisi pertama sebagai perkantoran termahal di dunia tergeser. Tahun lalu posisi London bertengger di nomor dua setelah Hong Kong.

Adapun tarif sewa perkantoran di West End saat ini tercatat 2.137 Euro per m2 per tahun. Sedangkan di Hong Kong yang 2013 ini menempati posisi kedua tarid sewanya dalam Euro sebesar 1.505 per m2 per tahun. Di posisi ketiga perkantoran termahal di dunia adalah Zona Sul di Rio de Jeneiro, Brasil dengan harga sewa 1.343 Euro per m2 per tahun.

Connaught Place di India berada di posisi keempat dengan tarif sewa rata-rata perkantoran 1.324 Euro per m2 per tahun. Di posisi kelima adalah perkantoran di CBD, Tokyo, Jepang dengan taris sewa 1.274 Eruro per m2 per tahun. Kemudian berturut-turut posisi 6-10 ditempati Moskow (Rusia), Beijing (China), New York (AS), Sydney (Australia) dan Paris (Perancis).

Riset tersebut juga mengungkapkan secara global pasar perkantoran naik sebesar 3% pada 2012. Meski secara global terjadi kenaikan banyak negara masih menderita karena perekonomian tidak menentu dan ini meningkatkan sikap hati-hati dari para penyewa. (PIT)