Jumat, 06/04/2012

Harga Sewa Gudang untuk Industri di Tokyo, HK dan Singapura Termahal di Dunia

-jktproperty.com
Share on: 532 Views
Harga Sewa Gudang untuk Industri di Tokyo, HK dan Singapura Termahal di Dunia

JAKARTA: Riset bertajuk “Global Industrial Highlights” yang baru-baru ini dirilis Colliers International mengungkapkan, harga sewa gudang industri di Tokyo menempati peringkat teratas di seluruh dunia, sedangkan Hong Kong dan Singapura menempati peringkat ketiga dan keempat pada akhir 2011. Sementara London – Heathrow dan Zurich merupakan dua pasar lain yang termasuk ke dalam lima besar.

Menurut riset tersebut, tarif sewa pabrik di Tokyo kembali menempati peringkat paling atas dunia meskipun terjadi penurunan sebanyak 3,0% pada semester kedua 2011. Di Hongkong, tarif sewa gudang meningkat 8.1% dalam 6 bulan terakhir di tahun 2011, peningkatan tertinggi diantara 10 pasar lainnya, sementara itu Singapura juga tercatat mengalami peningkatan sebanyak 6.8%.

Mengenai pasar Asia Pasifik, Colliers International mengungkapkan hampir semua pasar mencatat penurunan dalam ketersediaan gudang pada paruh kedua tahun 2011. Sebagai tambahan, tarif sewa gudang kelas premium mengalami pertumbuhan sebanyak setengah dari pertumbuhan pasar, dan lebih dari 50% pengamat mengharapkan sewa gudang akan kembali mengalami kenaikan dalam enam bulan ke depan.

Di Amerika Utara, setelah mencapai puncak tarif sewa di 2010, kapasitas ketersediaan gudang menurun hingga 9.72% pada 4Q 2011 yang disebabkan oleh pertumbuhan manufaktur dan industri yang bergerak di bidang distribusi. (JR)