Rabu, 06/06/2012

Grup Bakrie Kembangkan Trans Kalimantan Economic Zone

-jktproperty.com
Share on: 840 Views
Grup Bakrie Kembangkan Trans Kalimantan Economic Zone

JAKARTA: Kelompok usaha Bakrie melalui anak usahanya PT Bakrie Ecoinvesta akan segera membangun lima kawasan industri di lima provinsi di Indonesia. Kelima kawasan industri itu salah satunya akan berada di Sumatera, dua di Jawa, satu di Kalimantan, dan satu lagi di timur Indonesia. Dari kelima kawasan industri tersebut, kawasan industri di Kalimantan Timur merupakan yang paling siap. Kawasan industri di Kaltim yang diberi nama Trans Kalimantan Economic Zone (TKEZ) itu akan didirikan di atas lahan seluas 30.000 hektar dengan investasi diperkirakan mencapai Rp10 triliun.

“Kawasan industri yang akan dibangun itu nantinya akan menampung pabrik pengolahan barang tambang dan beberapa jenis usaha lainnya,” kata Hiramsyah S. Thaib, CEO PT Bakrie Eco Investama Hiramsyah S. Thaib yang juga CEO PT Bakrieland Development Tbk.

Dia mengatakan proyek TKEZ terkait dengan Kawasan Ekonomi Khusus pemerintah melalui MP3EI (Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia/The Indonesian Economic Development Acceleration and Expansion Master Plan). “Saat ini, kami tinggal menunggu legalisasi perizinan pembangunan dan pembentukan badan hukum perusahaan,” tambah Hiramsyah.

Lebih lanjut dia mengatakan dalam pembangunan dan pengembangan kawasan industri ini Bakrie Ecoinvesta juga akan menggandeng mitra strategis. Pihak Bakrie Ecoinvesta diketahui telah melakukan penandatanganan kerjasama dengan satu investor asing. Beberapa investor asing yang sudah tertarik berasal dari AS, China, Jepang, India, dan Korea Selatan. “Pembangunannya bisa memakan waktu sampai puluhan tahun, tapi dalam tiga tahun mendatang diharapkan perusahaan sudah mengoperasikan pembangunan tahap pertama.” (PIT)