Rabu, 22/10/2014

Energi Ruang Kerja di Kantor Perlu Ditata Secara Seimbang

-jktproperty.com
Share on: Facebook 4003 Views
Energi Ruang Kerja di Kantor Perlu Ditata Secara Seimbang
Foto: Istimewa
ENERGI RUANG KERJA: supaya semua orang bisa bekerja dengan maksimal dan menghasilkan hal yang potensial, maka sangat perlu untuk menata ruang kerja yang baik secara feng shui. Hal ini perlu agar bekerja menjadi nyaman dan maksimal beraktivitas di ruang kerjanya.

TAHUN 2014 adalah tahun Kuda Kayu. Karakter tahun ini akan sangat diwarnai karakter kuda yang harus bekerja keras. Sepanjang 2014 akan banyak orang yang cenderung lelah karena banyak beban pekerjaan. Tahun ini bahkan bisa disebut tidak bisa lagi mengandalkan keberuntungan semata. Siapa yang rajin dan siap bekerja keras akan mendapat hasilnya.

Oleh karena itu supaya semua orang bisa bekerja dengan maksimal dan menghasilkan hal yang potensial, maka sangat perlu untuk menata ruang kerja yang baik secara feng shui. Hal ini perlu agar bekerja menjadi nyaman dan maksimal beraktivitas di ruang kerjanya. Apalagi karena sibuknya tahun 2014 ini banyak orang berada lama di kantor atau diruang kerja. Jika mengikuti jam kerja normal, yakni pk.08.00-pk.17.00, artinya minimal 8 jam seseorang akan berada di ruang kerja. Jadi artinya 1/3 hari orang akan beraktivitas di ruang tersebut.

Pada saat seseorang bekerja di kantor atau ruang kerja maka orang tersebut harus mengeluarkan tenaga atau energi. Maka sebaiknya ruang kerja pun ditata secara feng shui sehingga manusia yang menggunakan ruang tersebut menjadi seimbang energinya. Apabila energi seseorang seimbang, dalam arti tidak lebih dan tidak kurang atau tidak terlalu kuat atau terlalu lemah, maka orang tersebut dapat beraktivitas lancar dan akhirnya dapat membuahkan hasil yang maksimal. Apabila hasil tersebut maksimal maka hasil tersebut dapat mendatangkan rezeki dan kemakmuran.

Tip Penataan Ruang Kerja

Pertama, pengaturan meja dan kursi kerja terhadap bukaan jendela. Sebaiknya posisi duduk seseorang tidak membelakangi jendela ruang kerja. Solusi yang dapat diajukan apabila kondisi ruang tidak memungkinkan perubahan karena keterbatasan ruang, maka pada saat seseorang bekerja jendela harus ditutup dengan bidang yang masif (tertutup rapat), misalnya dengan menghadirkan tirai yang tebal. Kalau memungkinkan geser posisi kursi sehingga tidak tepat berada di depan jendela.

Kedua, meja kerja sebaiknya bersandar ke dinding yang stabil (bagian belakang kursi kerja terdapat dinding)

Ketiga, posisi meja kerja sebaiknya tidak terlalu tusuk sate dari pintu masuk atau lorong.

jenie-kerja1

Keempat, komposisi perabot dalam ruang kerja dengan jumlah orang yang ada di dalamnya sebaiknya seimbang, supaya lebih stabil dan baik agar dapat beraktivitas maksimal.

Kelima, sebaiknya bagian depan dari meja kerja anda tidak terhalang bidang apapun (tidak terhalang tembok atau lemari atau papan).

Keenam, bagi Anda yang menempati posisi sebagai pimpinan atau butuh posisi meja kerja yang bisa mendukung kekuatan anda dalam karier sebagai pemimpin atau manajer, posisikan meja kerja jangan segaris pintu masuk ruang, sebaiknya di seberang pintu masuk ruang kerja.

Untuk memilih meja yang baik dan stabil, Anda bisa mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini:

• Permukaan meja kerja sebaiknya merupakan permukaan yang lurus (tidak terdapat bidang yang kosong).
• Ukuran meja bisa mendukung jabatan, sebaiknya meja kerja pemimpin lebih besar dari karyawan.

jenie-kerja2
• Kaki meja sebaiknya merupakan struktur yang stabil (mendukung kestabilan karakter).

Saya bisa anjurkan untuk tidak memilih meja dengan kriteria di bawah ini:

• Permukaan meja kerja terdapat bidang yang bolong-bolong atau kosong (misal permukaan kayu alami biasa cenderung tidak stabil dan lurus).
• Jangan memiliki bentuk meja kerja yang abstrak sehingga terlihat kurang stabil.
• Kaki meja tidak kokoh, kuat dan seimbang.

jenie-kerja3

Tip bagi mereka yang memiliki meja kerja/kubikel sehingga bagian depan dari posisi kerja terhalang bidang kubikel.

1. Hadirkan lukisan ikan atau foto ikan ditempel di depan posisi kerja. Ikan merupakan simbol kemakmuran.
2. Hadirkan lukisan laut atau laut di bagian depan meja. Dianalogikan, kubikel adalah pembatas dan penghambat ide, karena itu pandangan dapat diperluas dengan memasang lukisan laut.
3. Bambu hoki yang merupakan simbol perkembangan karier dan keberuntungan boleh dihadirkan berupa pohon kecil di meja kerja atau foto bambu hoki.
4. Hadirkan benda kristal di meja kerja anda. Ini penting untuk posisi ruang pemimpin karena biasanya ada pihak yang cenderung kurang suka atau seperti musuh dalam selimut. Kristal dapat diletakkan untuk memecah energi negatif.
5. Lukisan lain yang boleh dihadirkan dalam ruang kerja adalah lukisan panen padi simbol perkembangan dan keberuntungan.

Semoga uraian saya bisa membantu Anda dalam menyeimbangkan energi di ruang kerja kantor Anda sehingga hasil kerja menjadi maksimal untuk kemakmuran Anda sekeluarga.

Tentang Penulis:
Jenie Kumala Dewi adalah seorang pakar feng shui muda yang memiliki banyak talenta, sangat kreatif dan berbakat. Berlatar belakang pendidikan bidang arsitektur dan meraih master dalam bidang arsitektur dengan tesis Research Feng Shui in the Design of Suntec City Singapore, melalui risetnya beliau menemukan banyak sumber-sumber feng shui yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari yang tidak diketahui oleh kebanyakan orang. Secara khusus hasil dari risetnya Jenie mampu membuktikan lokasi yang sangat cocok untuk usaha dan bisa menjadi ramai. Ketertarikan Jenie terhadap feng shui berawal sejak tahun 2000 lalu, secara part time mengisi siaran radio ternama di Bandung (K-Lite) setiap minggu bertema Feng Shui untuk Manusia, dari sinilah namanya mulai semakin dikenal dengan keahliannya menganalisa feng shui bangunan, manusia serta kehidupannya.

Karena sifat kreatif dan inovatif serta banyak kemampuan yang telah dijalani Jenie terutama sebagai ahli feng shui bertahun-tahun membuatnya semakin mampu menemukan formula-formula aplikasi feng shui dalam kehidupan moderen yang lebih adaptable dan realistic sesuai dengan kehidupan saat sekarang. Sebagai Ahli Feng Shui Jenie mampu memadukan feng shui dengan berbagai disiplin Ilmu dalam kehidupan (bangunan, manusia, fashion, lifestyle, pendidikan, bisnis, percintaan karier, dll) sebagai sebuah ilmu dan seni yang dipadu dalam kehidupan sehari-hari. Jenie sendiri mempraktikkan feng shui dalam kehidupannya, apalagi sebagai wanita muda yang sudah memiliki kehidupan keluarga dari berbagai pengalaman kehidupan kesehariannya maupun kariernya Jenie senantiasa menemukan formula-formula baru dalam kehidupannya.

Ingin tahu lebih banyak lagi mengenai Jenie Kumala Dewi, kunjungi situsnya di www.jeniefengshuionline.com.