Rabu, 05/09/2012

Ekspatriat Tak Persoalkan Mahalnya Sewa Rumah di Kawasan Favorit

-jktproperty.com
Share on: 636 Views
Ekspatriat Tak Persoalkan Mahalnya Sewa Rumah di Kawasan Favorit

JAKARTA: Kawasan Menteng, Kebayoran Baru dan Pondok Indah sampai sekarang masih menjadi tiga kawasan favorit yang dipilih ekspatriat yang bekerja di Jakarta sebagai kawasan tempat tinggal. Sebagian besar ekspatriat tidak mempermasalahkan harga sewa yang dipatok tinggi oleh pemilik rumah mengingat mereka menginginkan kenyamanan tinggal yang dekat dengan fasilitas umum yang mereka butuhkan.

Ferry Salanto, Associate Director Research Colliers International Indonesia mengatakan, meskipun pemilik rumah mematok tarif sewa cukup tinggi, yakni US$4.000 – US$15.000 per bulan, ekspatriat tampaknya tidak terlalu mempermasalahkan hal itu. “Apalagi pasok rumah yang cocok disewa ekspatriat ini jumlahnya sangat terbatas,” katanya.

Menurut dia, selain Menteng, Kebayoran Baru dan Pondok Indah, lokasi lain yang berdekatan dengan sekolah internasional, rumah sakit internasional, pusat hiburan, dan perkantoran yakni Cipete dan Cilandak juga diminati ekspatriat dengan harga sewa US$2.500 untuk rumah dengan 3 kamar tidur dan US$7.000 untuk rumah dengan 4 kamar tidur.

“Sementara dari riset yang kami lakukan, Menteng masih menjadi kawasan hunian favorit bagi ekspatriat karena dekat dengan pusat kota dan kegiatan bisnis,” katanya.

Ferry lebih lanjut mengatakan di tahun-tahun mendatang permintaan hunian untuk eskpatriat di Jakarta dipastikan terus meningkat dengan banyaknya perusahaan asing yang masuk ke Indonesia. Sementara, penambahan pasokan hunian yang memenuhi standar orang asing hanya sedikit sehingga pasokannya sangat terbatas.

Akibat terbatasnya pasok rumah sewa untuk ekspatriat, sebagian ekspatriat memilih tinggal di kondominium yang disewakan, terutama di kawasan central business district dimana penyewa asing bisa mencapai 79%-95%. (WED)