Rabu, 07/05/2014

Ekspansi Bisnis Ciputra di Mancanegara ‘Lesu Darah’

-jktproperty.com
Share on: 804 Views
Ekspansi Bisnis Ciputra di Mancanegara ‘Lesu Darah’
Investasi properti Ciputra Group di mancanegara diketahui menelan investasi cukup besar. Untuk mengembangkan satu kawasan kota mandiri setidaknya investasi yang ditanamkan mencapai Rp9 triliun.

JAKARTA, jktproperty.com – PT Ciputra Development Tbk (Ciputra Group) mengakui ekspansi bisnis propertinya di luar negeri tengah ‘lesu darah’. Pihak perusahaan mengatakan, di negara-negara tujuan ekspansi Ciputra Group seperti China (Tiongkok), Vietnam dan Kamboja, hingga kini belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Menurut Tulus Santoso ekonomi makro di negara-negara tersebut memang tengah mengalami perlambatan dan hal itu berakibat pada sektor properti di masing-masing negara. “Semuanya [perekonomian negara] memang sedang slow down dan itu imbasnya ke sektor properti,” katanya.

Bahkan, demikian Tulus, perekonomian Vietnam sudah melambat sejak 2008 karena terkena efek dari krisis keuangan di negara maju waktu itu. Sementara Tiongkok dan Kamboja juga mengalami perlambatan dalam dua tahun terakhir. “Makanya dalam beberapa tahun terakhir perseroan konsentrasi dan fokus pada pasar dalam negeri dimana dari sisi pertumbuhan memang masih lebih besar dibandingkan dengan ketiga negara tersebut,” tambahnya.

Lebih lanjut dia mengatakan saat ini sudah ada tanda-tanda perbaikan ekonomi. “Kami masih terus menunggu sampai kondisinya benar-benar pulih.”

Investasi properti Ciputra Group di mancanegara diketahui menelan investasi cukup besar. Untuk mengembangkan satu kawasan kota mandiri setidaknya investasi yang ditanamkan mencapai Rp9 triliun yang diperoleh dari modal sendiri, modal dari mitra lokal, dana sindikasi perbankan dan turn over project. Sebelumnya Ciputra sendiri optimistis tahun ini akan mulai mengembangkan kota mandiri di Shenyang dan Shiansin, masing-masing seluas 250 hektar. (LEO)