Rabu, 08/07/2015

Dukung Layanan Nasabah Selama Idul Fitri BTN Siapkan Rp24,6 Triliun

-jktproperty.com
Share on: 931 Views
Dukung Layanan Nasabah Selama Idul Fitri BTN Siapkan Rp24,6 Triliun
Foto: Ilustrasi
MUDIK BARENG: Kegiatan mudik bersama pegawai informal terkait bisnis Bank BTN sudah menjadi kegiatan rutin tahunan dan tahun ini Bank BTN akan memberangkatkan 1.800 orang dengan 33 bus tujuan Surabaya, Semarang, Yogyakarta dan Solo. Disamping itu bersama 15 BUMN lainnya ikut mendukung program mudik bersama BUMN yang akan memberangkatkan sekitar 7.000 orang dengan 153 bus tujuan wilayah Jawa dan Sumatera.

JAKARTA, jktproperty.com – Menyambut libur selama Idul Fitri 1436 H, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menyiapkan ketersediaan kas bank yang cukup agar tidak mengganggu pelayanan kepada nasabah yang mudik atau merayakan libur bersama dalam rangka Idul Fitri.

Untuk mengantisipasi meningkatnya kebutuhan uang tunai menjelang Idul Fitri 1436 H, Bank BTN menyiapkan uang tunai sebesar Rp24,6 triliun. Jumlah uang ini disiapkan khusus untuk mengantisipasi kebutuhan selama Ramadhan dan lebaran berlangsung.

“Jumlah uang tunai yang disiapkan Bank BTN tersebut mengalami kenaikan dibanding persediaan bulan-bulan biasa. Jumlah uang tunai yang disiapkan tersebut untuk mengantisipasi kebutuhan nasabah selama kurang lebih sebulan. Kami siapkan kebutuhan uang tunai itu dari tiga minggu sebelum Lebaran dan seminggu setelah Lebaran,” katanya saat berbuka bersama media di Jakarta, hari ini.

Dia mengatakan peningkatan kebutuhan uang tunai diperkirakan terjadi pada pekan kedua hingga keempat Ramadhan. Menurutnya pada waktu tersebut mulai banyak dicairkan dana untuk pembayaran THR serta persiapan mudik dan lebaran.

Bank BTN sendiri, demikian Maryono, memasok persediaan uang ke 1.830 unit ATM dan 854 outlet di kantor cabang Bank BTN seluruh Indonesia. Jumlah tersebut dialokasikan sekitar Rp7,13 triliun untuk dipasok ke ATM dan selebihnya sebesar Rp17,5 triliun dialokasikan ke outlet kantor cabang Bank BTN di seluruh Indonesia. “Ini semua untuk mendukung pelayanan kami kepada nasabah Bank BTN,” katanya.

Selama Ramadhan Bank BTN telah melakukan sejumlah kegiatan yang berdampak positif bagi kehidupan social masyarakat. Ini merupakan perwujudan dari misi Bank BTN yang turut mempedulikan kepentingan masyarakat dan lingkungannya. “Kami ikut dan turut peduli memberikan dukungan sebisa yang kami lakukan agar membawa manfaat bagi masyarakat. Kami ingin ikut berperan dalam memperbaiki kesejahteraan rakyat sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh Bank BTN,” ujar Maryono.

Kegiatan mudik bersama pegawai informal terkait bisnis Bank BTN sudah menjadi kegiatan rutin tahunan dan tahun ini Bank BTN akan memberangkatkan 1.800 orang dengan 33 bus tujuan Surabaya, Semarang, Yogyakarta dan Solo. Disamping itu bersama 15 BUMN lainnya ikut mendukung program mudik bersama BUMN yang akan memberangkatkan sekitar 7.000 orang dengan 153 bus tujuan wilayah Jawa dan Sumatera.

Bank BTN juga ikut mendukung kegiatan pasar murah BUMN dengan lokasi pemberian paket sembako di Gartut dan Pontianak. Bank BTN memberikan paket sembako 1.500 paket. Maryono menjelaskan harga per paket sebesar Rp150.000 dan dijual kepada masyarakat sebesar Rp50.000. Tujuan pasar murah ini adalah untuk membantu masyarakat agar menjangkau harga-harga kebutuhan pokok yang dibutuhkan menjelang hari raya Idul Fitri 1436 H. “Ini merupakan gerakan moral Kementrian BUMN yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya dan kami mendukungnya.”

Selain itu Bank BTN juga menggelar safari ramadhan di sejumlah kantor cabang di seluruh Indonesia. Dalam safari ramadhan ini diberikan santunan kepada yayasan anak yatim di wilayah Jabodetabek. Santunan juga diberikan kepada 1.300 anak yatim. Bersama dengan REI telah disepakati memberikan rumah gratis sebanyak 31 unit di berbagai wilayah Indonesia. Rumah tersebut diberikan kepada masyarakat yang tidak mampu. Prosesnya cukup fair karena calon penerima rumah adalah benar-benar dipilih oleh masyarakat di sekitarnya.

Target Optimistis Tercapai

Menyinggung soal kinerja perusahaan, Maryono mengatakan Bank BTN optimistis kinerja perseroan sampai dengan akhir tahun ini akan mencapai target. Optimisme itu diperkuat oleh potret kinerja perseroan bulan Mei 2015. Secara umum kinerja Bank BTN sampai dengan Mei 2015 bertumbuh lebih baik dibandingkan periode yang sama tahun 2014. “Kami mempunyai keyakinan bisnis perseroan paruh kedua tahun 2015 masih memberikan peluang untuk tumbuh lebih baik dan kami optimis target yang ditetapkan tahun ini akan tercapai,” tuturnya.

Mengenai aset, sampai dengan bulan Mei 2015 aset Bank BTN tumbuh 14,01% atau meningkat menjadi Rp152,8 triliun dari posisi tahun sebelumnya sebesar Rp134 triliun. Kredit yang diberikan tumbuh 18,17% atau meningkat menjadi Rp123,3 triliun dari posisi tahun sebelumnya sebesar Rp104,4 triliun.

Sementara dana pihak ketiga perseroan tumbuh 10,95% atau meningkat menjadi Rp111,5 triliun dari posisi sebelumnya sebesar Rp100,5 triliun. Kemudian Laba perseroan tercatat tumbuh 49,88% atau meningkat menjadi Rp678 miliar dari posisi sebelumnya sebesar Rp452 miliar. “Kinerja Bank BTN tersebut juga diikuti oleh membaiknya rasio keuangan perseroan. Peluangnya untuk tumbuh lebih baik masih terbuka pada semester kedua 2015,” katanya. (EKA)