Kamis, 05/02/2015

DPR Dukung Rencana Pemerintah Hapus NJOP-PBB

-jktproperty.com
Share on: 496 Views
DPR Dukung Rencana Pemerintah Hapus NJOP-PBB
Foto: Ilustrasi
NJOP-PBB: Menteri ATR/Kepala BPN Ferry Mursyidan Baldan mengatakan rencana kebijakan reformulasi NJOP serta Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) merupakan wujud nyata memperkokoh kehadiran negara dalam masalah pertanahan.

JAKARTA, jktproperty.com – Komisi II DPR-RI mendukung rencana pemerintah dalam hal ini Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional yang akan menghapus Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) dalam komponen harga jual tanah dan bangunan.

Ketua Komisi II DPR RI Rambe Kamarulzaman mengatakan kalau ide penghapusan NJOP-PBB itu dalam rangka memberikan pelayanan untuk rakyat, maka DPR akan mendukung sepenuhnya. “Kami akan dukung kalau memang itu untuk kepentingan rakyat,” katanya di DPR.

Menurut politisi Partai Golkar itu, menindaklanjuti rencana penghapusan NJOP-PBB itu maka akan ada mekanisme yang harus dibahas dengan Komisi Agraria. “Ini kan soal tanah masyarakat, jangan sampai soal pertanahan berlarut-larut.”

Sebelumnya Menteri ATR/Kepala BPN Ferry Mursyidan Baldan mengatakan rencana kebijakan reformulasi NJOP serta Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) merupakan wujud nyata memperkokoh kehadiran negara dalam masalah pertanahan. Tujuan reformulasi adalah untuk memperjelas pengendalian terhadap harga tanah dan mengurangi potensi spekulasi terhadap harga tanah dengan menerapkan Zona Nilai Tanah (ZNT) setiap tahun oleh pemerintah melalui keputusan presiden.

Menteri juga mengatakan kebijakan itu nantinya akan menetapkan batas harga atas tanah sehingga tidak ada transaksi jual beli tanah di atas harga yang ditetapkan pemerintah. (EKA)