Rabu, 20/02/2013

Dahlan Iskan: “BUMN Bangun Gedung Pencakar Langit, Silakan Saja”

-jktproperty.com
Share on: 384 Views
Dahlan Iskan: “BUMN Bangun Gedung Pencakar Langit, Silakan Saja”

JAKARTA, jktproperty.com – Rencana pembangunan gedung pencakar langit oleh beberapa BUMN seperti Pertamina dan Peruri ditanggapi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan sebagai satu hal yang positif. “Aset [berupa tanah] yang ada memang harus dimanfaatkan. Masak punya aset dibiarkan, tiap tahun harus bayarin PBB [Pajak Bumi dan Bangunan], lalu harus dijagaian, kalau nggak tanahnya diduduki orang, kalau mau diambil sulit,” katanya.

Kalau BUMN seperti Pertamina dan Peruri mau membangun gedung pencakar langit, Dahlan mengatakan silakan saja. “Saya menyerahkan rencana itu sepenuhnya kepada BUMN yang bersangkutan asalkan memiliki banyak manfaat bagi perusahaan,” tutur Dahlan.

Namun dia mengatakan untuk mengurangi biaya pemanfaatan lahan sebaiknya antar-BUMN bisa saling sinergi. “Misalnya ada satu perusahaan, punya 300 m2, di tengah perumahan. Ada tanah dijadikan untuk tumpukan sampah. Dia harus bayar PBB, harus bayar PBB. Yang seperti itu boleh dikerjasamakan dengan BUMN lain yang concern dengan properti,” sebut Dahlan. (GUN)