Senin, 20/04/2020

Colliers: Riset Diperlukan Sebelum Pengembang Pasarkan Properti

-jktproperty.com
Share on: Facebook 181 Views
Colliers: Riset Diperlukan Sebelum Pengembang Pasarkan Properti
Foto: Ist
PERLUNYA RISET: Colliers International Indonesia mengungkapkan perlunya pengembang melakukan riset sebelum memasarkan propertinya. Apalagi, dengan diberlakukannya aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), di mana aktivitas bisnis secara umum menghadapi hambatan besar, termasuk aktivitas investasi, sewa, dan beli properti.

JAKARTA, jktproperty.com – Colliers International Indonesia mengungkapkan perlunya pengembang melakukan riset sebelum memasarkan propertinya. Apalagi, dengan diberlakukannya aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), di mana aktivitas bisnis secara umum menghadapi hambatan besar, termasuk aktivitas investasi, sewa, dan beli properti.

Director Advisory Service Colliers International Indonesia Monica Koesnovagril mengatakan untuk jangka pendek, rekomendasi Colliers bagi pengembang dan pemilik properti antara lain untuk melakukan riset terebih dahulu terkait dengan produk atau layanan apa saja yang harus disajikan ke pasar.

“Produknya bisa bersifat sementara, yang nantinya bisa dengan cepat digantikan kembali ketika pasar sudah kembali pulih. Dari sisi operasional, pengembang bisa menyiapkan produk yang nilai investasinya rendah tapi punya potensi revenue besar. Bisa jadi produk lama atau eksisting tapi dengan posisi berbeda,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (20/4).

Selain itu, dari sisi finansial, pengembang bisa mempertimbangkan untuk meningkatkan efisiensi, termasuk efisiensi dari sisi pembiayaan dan melakukan restrukturisasi. “Hotel, lahan, dan properti ritel, yang saat ini sedang di titik terlemahnya, punya kesempatan investasi yang bagus saat wabah Covid-19 sekarang ini,” tambahnya.

Adapun, untuk saat ini, baik pengembang, investor, maupun pemilik properti harus memastikan bahwa properti yang dimiliki telah diberikan disinfektan dan dibersihkan secara rutin. Tak lupa, pengembang juga wajib melengkapi petugas kebersihan dengan alat pelindung diri (APD) yang lengkap. (EKA)