Kamis, 20/06/2019

BTN Siapkan Serangkain Program Dukung Milenial Miliki Rumah

-jktproperty.com
Share on: Facebook 540 Views
BTN Siapkan Serangkain Program Dukung Milenial Miliki Rumah
Foto: Ilustrasi
PROGRAM MILENIAL BTN: PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menawarkan solusi lewat beberapa program agar generasi milenial bisa membeli dan memiliki rumah pribadi. Langkah ini diinisiasi di tengah jumlah ketersediaan lahan yang semakin terbatas.

JAKARTA, jktproperty.com – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk menawarkan solusi lewat beberapa program agar generasi milenial bisa membeli dan memiliki rumah pribadi. Langkah ini diinisiasi di tengah jumlah ketersediaan lahan yang semakin terbatas.

Direktur Utama BTN Maryono megungkapkan pada 2015 lalu mendata adanya angka backlog di sektor perumahan mencapai 11,4 juta unit. Jumlah kebutuhan rumah tersebut terus bertambah sebanyak 400.000 unit per tahun. “Penyelesaian backlog perumahan diharapkan bisa memiliki multiplier effect terhadap 136 subsektor industri yang berujung pada pertumbuhan PDB. Karena itu saya harapkan milenial supaya cepat-cepat punya rumah,” katanya,.

Dia mengatakan hal itu pada acara Indonesia Housing Forum di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (19/6). Menurut Maryono jumlah generasi milenial pada 2020 mendatang diperkirakan bakal mencapai 34 persen dari total populasi, yakni sekitar 90 juta jiwa. Namun, dia meyakini jumlah milenial yang memiliki rumah pribadi masih sedikit. “Sekarang ini yang masih memiliki rumah masih rendah, terutama milenial. Rasio kepemilikan rumah Indonesia sekarang ini masih 2,9 persen dari PDB. Beda dengan Singapura yang sudah 44 persen dari PDB,” jelas dia.

Lebih lanjt dia mengatakan Bank BTN coba menyediakan berbagai program guna mendukung milenial membeli rumah. Pertama, yakni Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Gaeesss! dengan DP hanya 1% hingga tenor sampai 20 tahun. “KPR Gaeesss! merupakan kredit untuk pembelian rumah atau apartemen (KPA), baik dalam kondisi belum tersedia secara utuh (inden) maupun yang telah tersedia secara utuh (ready stock),” paparnya.

Secara persyaratan, milenial yang bisa ikut serta dalam program ini harus masih berusia antara 21-30 tahun, memiliki pendapatan/gaji tetap, serta punya pengalaman bekerja minimal 1 tahun.

Selain itu, BTN juga menyediakan program KPR Hits yang menawarkan tenor cicilan hingga 30 tahun, uang muka (Down Payment/DP) terjangkau, menggunakan sistem syariah, hingga pelunasan KPR lebih cepat dan tak dikenakan biaya penalti. “BTN juga memiliki program BTM SiMuda Rumahku, tabungan untuk pemilikan rumah bagi mahasiswa dan pemuda. Tabungan ini bisa dipakai untuk menabung DP,” tandas Maryono. (EKA)