Rabu, 25/04/2012

BTN Perpanjang Tenor KPR Hingga Maksimal 25 Tahun

-jktproperty.com
Share on: 729 Views
BTN Perpanjang Tenor KPR Hingga Maksimal 25 Tahun

JAKARTA: PT Bank Tabungan Negara Tbk memperpanjang tenor kredit pemilikan rumah (KPR) menjadi maksimal 25 tahun sebagai upaya memperbesar pangsa pasar KPR bank ini dan meringankan cicilan per bulan nasabahnya. Selama ini tenor maksimal KPR BTN adalah 15 tahun.

“Tenor kredit akan lebih panjang, BTN akan memiliki produk KPR dengan tenor 25 tahun,” ujar Dirut BTN Iqbal Latanro di Jakarta (24/4).

Dia mengatakan tenor 25 tahun itu tentu akan menarik minat masyarakat yang ingin memiliki rumah memilih KPR BTN. “Dengan tenor yang baru, cicilan menjadi lebih ringan. Untuk kredit Rp50 juta misalnya, cicilannya hanya Rp180.000 per bulan. Dengan tenor kita perpanjang maka masyarakat akan semakin mudah memiliki rumah,” tutur Iqbal.

Pihak BTN memberikan persyaratan bagi pengaju KPR dengan tenor 25 tahun, yakni usia harus di bawah 40 tahun dengan asumsi sebelum usia 65 tahun cicilan KPR-nya lunas.

Lebih lanjut Iqbal mengatakan BTN saat ini memiliki pangsa 25% kredit perumahan di Indonesia. Untuk kredit perumahan bersubsidi, BTN malah memiliki pangsa 99%. Hingga 31 Maret 2012 lalu kredit perumahan yang sudah dikucurkan BTN mencapai Rp58,17 triliun.

“Kami akan tetap mempertahankan posisi sebagai market leader dalam pembiayaan perumahan di Indonesia. Produk baru KPR dengan tenor 25 tahun diharapkan akan meningkatkan pangsa pasar BTN dalam pembiayaan perumahan,” kata Iqbal.

Sementara Direktur Konsumer BTN Irman A. Zahiruddin mengatakan program kredit 25 tahun adalah program terbaru BTN. Sebelumnya BTN memiliki program tenor KPR 20 tahun, tapi program itu ditarik dan selama ini menerapkan tenor maksimal 15 tahun. “Bunganya variable. Nanti kami ikuti dengan variable rate-nya,” ujarnya. (DHP)