Senin, 11/05/2015

BTN Gelar BTN Housing Expo 2015 di 12 Kota di Indonesia

-jktproperty.com
Share on: 2068 Views
BTN Gelar <em>BTN Housing Expo 2015</em> di 12 Kota di Indonesia
Foto: Ilustrasi
BTN HOSUING EXPO 2015: BTN Housing Expo 2015 ini diselenggarakan di 12 kota meliputi Bekasi, Tangerang, Cirebon, Banjarmasin, Bogor, Cimahi, Makassar, Pekanbaru, Pontianak, Palembang, Medan dan Sidoarjo. Dalam pameran ini Bank BTN adalah satu-satunya sebagai bank penyedia fasilitas KPR untuk pembelian rumah-rumah yang dipamerkan.

BOGOR, jktproperty.com – Bank BTN serius untuk merealisasikan program sejuta rumah yang telah dicanangkan oleh Presiden RI di Semarang 29 April 2015 lalu. Sejumlah aksi telah dilakukan oleh Bank BTN, termasuk di antaranya menggelar pameran perumahan di 12 kota di Indonesia.

Menurut Direktur Kredit Bank BTN Mansyur S. Nasution pihaknya serius dalam program pembangunan sejuta rumah. “Kami serius untuk bagaimana dapat mempercepat realisasi dari program tersebut. Termasuk menggelar pameran perumahan di 12 kota yang kami lakukan saat ini. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari strategis korporasi dalam menjaring masyarakat yang ingin membeli rumah dengan skim KPR sekaligus dalam rangka pemenuhan program sejuta rumah,” katanya usai membuka BTN Housing Expo 2015 di Cibinong, Bogor, akhir pakan lalu.

Mansyur mengatakan BTN Housing Expo 2015 ini diselenggarakan di 12 kota meliputi Bekasi, Tangerang, Cirebon, Banjarmasin, Bogor, Cimahi, Makassar, Pekanbaru, Pontianak, Palembang, Medan dan Sidoarjo. Dalam pameran ini Bank BTN adalah satu-satunya sebagai bank penyedia fasilitas KPR untuk pembelian rumah-rumah yang dipamerkan.

Masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas KPR dengan sistem konvensional dan syariah untuk hunian rumah subsidi dan non-subsidi dengan harga maksimal Rp400 juta. Selain itu masyarakat juga dapat memperoleh informasi tentang rumah kosong (rukos) agunan kredit bermasalah di Bank BTN wilayah Jabodetabek. Kami juga membuka booth layanan Tabungan BTN Perumahan sekaligus untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat yang akan membeli rumah ataupun menabung, jelas Mansyur.

Masyarakat yang akan membeli rumah selama pameran akan mendapatkan promosi khusus. Untuk KPR subsidi promosi khusus yang diberikan adalah bebas biaya administrasi dan uang muka ringan minimal 1%. Sementara untuk KPR non-subsidi promosi yang diberikan adalah bebas biaya administrasi, uang muka ringan antara 5% sampai dengan 10%, diskon biaya provisi 50% dan suku bunga kompetitif.

Seperti diketahui dalam mendukung program sejuta rumah Bank BTN telah menyiapkan program 5 SIAP. Baik itu kesiapan dari sisi SDM, Teknologi, Proses Bisnis, Pendanaan dan Supply Rumah telah dsiapkan BTN untuk mendukung percepatan realisasi program tersebut. Bank BTN telah menyiapkan pemenuhan kapasitas dan kompetensi SDM pemroses kredit, baik itu subsidi maupun non subsidi meliputi tenaga analis, loan marketing, loan service dan loan administration.

“Kami juga telah meningkatkan kapasitas Teknologi Informasi melalui system aplikasi kredit yang terintegrasi. Bank BTN juga sudah melakukan percepatan pelayanan dan proses kredit secara fokus, baik untuk KPR subsidi maupun KPR non subsidi. Termasuk dalam hal ini menambah jaringan pelayanan dan proses kredit melalui kantor layanan Bank BTN di daerah-daerah,” katanya.

Selain itu Bank BTN sudah melakukan beberapa alternatif dana pendamping untuk mendukung program sejuta rumah tersebut. Walaupun pemerintah menyiapkan alokasi dana untuk program ini, karena kapitalisasinya pasti besar, maka kami juga sudah menyiapkan alternatif pendanaannya. Dan untuk mendukung kesiapan rumah di lapangan, kami siap dengan suplai rumah yang dibutuhkan. Ini karena Bank BTN telah menjalin kerjasama dengan lebih dari 3000 pengembang perumahan seluruh Indonesia untuk membiayai lebih dari 600.000 unit KPR.

Mansyur mengatakan melalui berbagai aksi korporasi dan peningkatan kualitas infrastruktur bisnis yang dilakukan Bank BTN, perseroan optimistis mampu mendukung pembiayaan program sejuta rumah, sekaligus menopang kinerja perseroan. Ini adalah komitmen Bank BTN, sebagai bank milik negara, memberikan dukungan bagi suksesnya program pemerintah sekaligus mewujudkan hak asasi seluruh warga negara Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pokoknya akan sebuah rumah yang layak dengan cara mudah, cepat dan murah. (EKA)