Jumat, 29/06/2012

BTN dan SMR Kerjasama Refinancing KPR Sejahtera

-jktproperty.com
Share on: 610 Views
BTN dan SMR Kerjasama Refinancing KPR Sejahtera

JAKARTA: PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) menjalin kerjasama dengan PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) untuk refinancing KPR, khusus untuk pembiayaan KPR Sejahtera melalui skim Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Dalam kerjasama terbaru antara kedua pihak ini, BTN mendapatkan sumber dana Rp500 miliar dari SMF untuk pembiayaan KPR bersiubsidi lewat FLPP. SMF juga mengenakan bunga tetap 7,85% dengan masa kredit (tenor) selama 10 tahun. Kerjasama BTN dengan SMF, menurut Dirut Bank BTN Iqbal Latanro, sebagai alternatif pendanaan BTN atas dana yang telah disalurkan untuk program FLPP di tahun 2011.

“BTN berkomitmen merealisasikan pembiayaan 16.000 unit rumah rumah tahun ini, dengan dana Rp1 triliun,” kata Direktur Utama BTN Iqbal Latanro, usai kesepakatan kerjasama dengan PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) di Jakarta.

Sementara Direktur Utama SMF Raharjo Susanto mengatakan kerjasama dengan BTN dalam mendukung program pemerintah sudah dilakukan sejak 2011 dalam bentuk program Repo dan Refinancing KPR sebesar Rp1,033 triliun. “Selain penyaluran pinjaman, dengan BTN kami telah bekerjasama dalam proyek sekuritas KPR dalam empat kali transaksi, dengan total sepenuhnya Rp1,95 triliun,” katanya.

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) berkomitmen untuk dapat merealisasikan penyaluran KPR bersubsidi melalui skim Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) sebanyak 16.000 unit rumah hingga akhir tahun ini.

Sebelumnya BTN menargetkan pembiayaan KPR selama 2012 sebesar Rp27-Rp32 triliun. “Pembiayaan untuk KPR rencananya sebesar 24%-27% dengan nomimal sekitar Rp27 triliun hingga Rp32 Triliun,” ujar Direktur Consumer Bank Tabungan Negara BTN Irman A. Zahiruddin.

Irman menambahkan, rasio kredit bermasalah atau non profit loan (NPL) untuk KPR gross tahun 2011 sebesar 2,75%. Saat ini BTN juga memiliki beberapa program KPR. “Kami punya program KPR, di antaranya FLPP bunga 7,25%. Ada juga rumah dengan harga Rp250 juta, kami akan memberikan bunga yang bagus sekira 7,49% fix dua tahun.” (JR)