Senin, 16/12/2019

BP Tapera Ditargetkan Beroperasi Penuh Pertengahan 2020

-jktproperty.com
Share on: Facebook 752 Views
BP Tapera Ditargetkan Beroperasi Penuh Pertengahan 2020
Ilustrasi
BP TAPERA: Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) ditargetkan dapat mulai beroperasi penuh untuk melayani penghimpunan dan pembiayaan perumahan pada pertengahan 2020 mendatang, mengingat proses pembentukan struktur atau organisasi pada internal badan tersebut telah dirampungkan.

JAKARTA, jktproperty.com РBadan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) ditargetkan dapat mulai beroperasi penuh untuk melayani penghimpunan dan pembiayaan perumahan pada pertengahan 2020 mendatang, mengingat proses pembentukan struktur atau organisasi pada internal badan tersebut telah dirampungkan.

Komisioner Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) Adi Setianto mengatakan saat ini pihaknya sedang proses sinkronisasi data dan mematangkan model operasional dengan bank kustodian dan manajer investasi.

“Kami targetkan BP Tapera bisa beroperasi penuh tahun depan. Sambil mematangkan model operasional, kami juga masih menunggu terbitnya beberapa regulasi. Regulasi yang dimaksud antara lain adalah peraturan pemerintah (PP) mengenai Tapera, peraturan menteri keuangan (PMK) mengenai perizinan untuk pemotongan pendapatan para PNS untuk tabungan perumahan dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) sebagai aturan turunan dari PP Tapera,” ujarnya¬†di sela-sela acara penandatanganan perjanjian kerja sama antara BP Tapera dan Ditjen Dukcapil di Jakarta, Senin (16/12).

Sebelumnya, Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Eko. D. Heripurwanto mengatakan bahwa tapera baru akan direalisasikan untuk membiayai rumah subsidi bagi aparatur sipil negara pada 2021. Dengan demikian, pada 2020 pembiayaan perumahan bagi ASN masih akan dilayani oleh Lembaga Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan.

Ketika menanggapi hal tersebut, Adi mengungkapkan bahwa migrasi atau integrasi dana fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) dari LPDPP ke Tapera diperkirakan memang baru dilaksanakan pada 2021. (EKA)