Senin, 08/06/2015

Bank BTN dan REI Bagikan Puluhan Rumah Gratis Selama Ramadhan

-jktproperty.com
Share on: 1177 Views
Bank BTN dan REI Bagikan Puluhan Rumah Gratis Selama Ramadhan
Foto: jktproperty.com
RAMADHAN RUMAH IMPIAN: Bank BTN bekerjasama dengan PT Mowilex Indonesia, PT PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) dan Real Estate Indonesia (REI) melaksanakan program tanggung jawab sosial (corporate social responsibility/CSR) tahunan yang kali ini dikaitkan dengan datangnya bulan suci Ramadhan dengan membagikan 32 unit rumah gratis.

JAKARTA, jktproperty.com – Bank BTN bekerjasama dengan PT Mowilex Indonesia, PT PT Sarana Multigriya Finansial (SMF) dan Real Estate Indonesia (REI) melaksanakan program tanggung jawab sosial (corporate social responsibility/CSR) tahunan yang kali ini dikaitkan dengan datangnya bulan suci Ramadhan dengan membagikan 32 unit rumah gratis.

Program yang dikemas dengan nama Ramadhan Rumah Impian (RRI) dan sudah berjalan selama lima tahun, tahun ini nilainya mencapai Rp7 miliar. “Saya bersyukur karena program ini sudah berjalan cukup lama dan responnya sangat baik. Tahun ini 32 unit rumah sumbangan dari 12 DPD REI,” ujar Ketua Umum DPP REI Eddy Hussy di Gedung BTN, Jakarta hari ini.

Jumlah rumah yang dibagikan tersebut jauh lebih banyak dibandingkan tahun 2014 lalu, yaitu sebanyak 10 rumah. Program RRI 2015 diselenggarakan oleh 12 DPD REI, yaitu: REI Sulawesi Selatan, REI Jawa Timur, REI Jawa Barat, REI DKI Jakarta, REI Sumatera Selatan, REI Batam, REI Kalimantan Selatan, REI Kalimantan Barat, REI Jambi, REI Riau, REI Sumatera Utara dan REI Banten. “Rumah gratis yang diberikan sebagai salah satu wujud kepedulian terhadap sesama yang disumbangkan oleh para pengembang anggota REI dan seluruh stakeholder,” tuturnya.

Khusus pada 2015 ini, BTN sebagai bank pendukung perumahan nasional ikut berperan aktif dalam RRI melalui program Berbagi Bersama BTN dan Mowilex yang telah mendukung sejak 2014 melalui program Act for Goodness dimana salah satu nilai yang terkandung di dalamnya adalah nilai kepedulian.

Sementara itu pada kesempatan yang sama Dirut Bank BTN Maryono mengatakan keikutsertaan perusahaan dalam kegiatan Ramadhan Rumah Impian ini merupakan wujud komitmen Bank BTN untuk dapat berperan serta secara aktif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat tidak mampu.

“Kami memberikan dukungan atas apa yang dilakukan oleh REI tersebut. Ini termasuk sumbangan dalam mendukung masyarakat punya rumah sebagaimana digalakkan oleh pemerintah dalam program satu juta rumah. Bank BTN melakukan sinergi untuk membantu masyarakat tidak mampu dengan memberikan bantuan rumah gratis yang akan diberikan selama bulan suci ramadhan. Rumah yang akan diberikan secara gratis tersebut merupakan donasi yang diberikan oleh para pengembang anggota REI bekerjasama dengan Bank BTN, Mowilex dan SMF,” kata Maryono.

Sementara itu Raymond Arfandi, Wakil Ketua Umum REI yang juga Ketua Panitia Penyelenggara RRI, menjelaskan terdapat sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon penerima melalui proses seleksi dan survei. Syarat yang harus dipenuhi antara lain bakal calon penerima harus didaftarkan oleh pengusul yang menyiapkan dan melengkapi persyaratan sesuai ketentuan yang berlaku.

“Pengusul yang akan mendaftarkan calon penerima rumah gratis dapat mengetahui persyaratan yang tercantum dalam formulir yang diterbitkan oleh koran setempat. Setelah mengisi formulir dan melengkapi syarat administrasi, pengusul membawa berkas tersebut kepada panitia untuk selanjutnya diverifikasi oleh panita,” jelas Raymond.

Panitia setempat akan meyeleksi data bakal calon penerima dari pengusul yang kemudian melakukan pengelompokan berdasarkan lokasi rumah gratis yang akan diberikan. Selanjutnya akan diseleksi lebih lanjut lagi dengan cara survey yang pada akhirnya menghasilkan calon penerima yang layak menerima rumah gratis.

“Penerima yang akan mendapatkan rumah harus berada pada radius 5 kilometer (KM) dari lokasi penyerahan rumah. Hal tersebut dilakukan agar penerima nantinya tidak terlalu jauh dari lokasi awal mereka tinggal dan dekat dari tempat mereka bekerja,” ujar Raymond.

Nantinya rumah gratis yang diberikan oleh REI tersebut tidak boleh diperjualbelikan oleh si penerima. Untuk itu, sertifikat rumah itu akan ditahan oleh REI selama kurun waktu lima tahun. Berdasarkan pengalaman REI Sulawesi Selatan, rumah gratis yang diberikan masih ditempati oleh penerima hingga sekarang. (DHP)