Rabu, 02/05/2012

Bangun Hotel, Posindo Mulai Ekspansi ke Sektor Properti

-jktproperty.com
Share on: Facebook 509 Views
Bangun Hotel, Posindo Mulai Ekspansi ke Sektor Properti

JAKARTA: Sebagai langkah awal ekspansi ke sektor properti, PT Pos Indonesia merencanakan membangun dua hotel di Bandung dengan investasi Rp70 miliar. Sementara tahun depan BUMN ini merencanakan IPO. “Saat ini kita punya aset di 2.200 titik yang tersebar di seluruh Indonesia, dimana 200 titik di antaranya telah diverifikasi untuk pemanfaatannya,” ujar Dirut PT Pos Indonesia I. Ketut Mardjana di Jakarta.

Menurut Ketut saat ini pihaknya tengah menyusun rencana bisnis pemanfaatan aset-aset tersebut dan memetakan daerah yang komersial maupun tidak komersial. Mengenai pembangunan kedua hotel di Bandung itu, kata Ketut, Posindo tengah menjajaki kerjasama dengan jaringan hotel Amaris. “Kerjasamanya seperti apa masih kita bahas dan telaah.”

Lebih lanjut dia mengatakan PT Pos Indonesia juga merencanakan melakukan penawaran saham perdana (initial public offering/IPO) tahun depan, dimana dana yang terhimpun dari IPO akan digunakan untuk ekspansi usaha. “Kebutuhan dana perusahaan sudah cukup mendesak. Apalagi, PT Pos Indonesia menginginkan ekspansi besar-besaran mulai tahun depan. Kami akan lihat pasar dulu. Harapannya bisa pertengahan tahun atau akhir tahun depan, kami belum bisa pastikan,” tuturnya.

Ditanya soal berapa persen saham yang akan dilepas ke publik dan kebutuhan dana Posindo untuk melakukan ekspansi, Ketut tampak masih enggan memberikan jawaban. “Sampai saat ini, kami baru menunjuk perusahaan konsultan Ernst & Young untuk menyusun laporan proyeksi keuangannya,” ujarnya.

Tahun ini, PT Pos Indonesia memproyeksikan pendapatan sebesar Rp 3,4 triliun atau naik 11% dibandingkan dengan pencapaian 2011. Target tersebut akan dikontribusikan dari surat dan parsel (54%), jasa keuangan (39%), dan sisanya lain-lain. Sementara target laba bersihnya sekitar Rp182 miliar atau meningkat dari laba bersih sebesar Rp145 miliar pada 2011 lalu.

Sebelumnya Ketut Mardjana mengatakan PT Pos Indonesia sedang dalam tahap membentuk anak perusahaan yang bergerak di bidang properti dan diharapkan beroperasi pada semester kedua tahun ini. (JR)