Selasa, 21/10/2014

Backlog Perumahan di Indonesia Tuntas Pada 2030

-jktproperty.com
Share on: 556 Views
<em>Backlog</em> Perumahan di Indonesia Tuntas Pada 2030
Foto: Istimewa
BACKLOG PERUMAHAN: Pemerintah menargetkan persoalan backlog perumahan di Indonesia akan tuntas pada 2030 mendatang.

JAKARTA, jktproperty.com – Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) mengungkapkan masalah backlog perumahan di Indonesia dapat diatasi secara keseluruhan pada 2030 mendatang.

Menurut Kepala Biro Perencanaan Kemenpera Hardi Simamora pada pembukaan kegiatan Rapat Konsultasi Regional Kemenpera 2014 di Makassar pekan ini, untuk mengejar target tersebut Kemenpera sangat mengharapkan dukungan pemerintah daerah, pengembang dan masyarakat sebagai stakeholder. “Sebab kebutuhan rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat yang harus dipenuhi dengan baik,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan pemerintah memperkirakan kebutuhan rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) per tahun mencapai 800.000 unit. Sedangkan kemampuan pemerintah untuk memenuhi pembangunan rumah hanya 200.000-300.000 unit rumah setiap tahun.

“Masih ada kesenjangan antara kebutuhan dan suplai dari pemerintah dan pengembang. Pemerintah daerah dalam hal ini diharapkan juga bisa aktif mendorong pembangunan rumah bagi masyarakatnya karena berdasarkan PP Nomor 38 Tahun 2007 masalah perumahan menjadi salah satu urusan wajib pemerintah daerah,” katanya. (PIT)