Selasa, 23/06/2015

Anggarkan Rp7 Triliun Pemprov DKI Bangun 21.000 unit Rusunawa

-jktproperty.com
Share on: 1401 Views
Anggarkan Rp7 Triliun Pemprov DKI Bangun 21.000 unit Rusunawa
Foto: Istimewa
BANGUN RUSUNAWA: Pemprov DKI Jakarta merencanakan membangun 21.000 unit rumah susun sederhana sewa (rusunawa) yang akan tersebar di 15 lokasi di Jakarta. Peruntukkan rusunawa ini, menurut pihak Dinas Perumahan dan Gedung DKI Jakarta, adalah untuk warga masyarakat yang tinggal di bantaran kali dan pinggiran rel kereta api.

JAKARTA, jktproperty.com – Pemprov DKI Jakarta merencanakan membangun 21.000 unit rumah susun sederhana sewa (rusunawa) yang akan tersebar di 15 lokasi di Jakarta. Peruntukkan rusunawa ini, menurut pihak Dinas Perumahan dan Gedung DKI Jakarta, adalah untuk warga masyarakat yang tinggal di bantaran kali dan pinggiran rel kereta api.

Kepala Dinas Perumahan dan Gedung DKI Jakarta Ika Lestari Adji mengatakan pembangunan rusunawa itu akan dimulai Agustus 2015. “Lokasi pembangunan diprioritaskan di wilayah Jakarta Utara a.l. Kampung Bandan dan Ujung Menteng masing-masing sebanyak dua tower dengan jumlah 1.054 unit. Kemudian di Rawa Buaya sebanyak enam tower yang terdiri dari 4.576 unit, Waduk Pluit tujuh tower sebanyak 4.000 unit dan Kemayoran tujuh tower yang terdiri dari 5.566 unit,” katanya.

Menurut dia, untuk ke-21.000 rusunawa Pemrpov DKI Jakarta menganggarkan dana sebesar Rp7 triliun dan pada tahap awal Pemprov DKI menganggarkan dana sekitar Rp3,3 triliun yang dialokasikan dari penyertaan modal pemerintah (PMP) ke BUMD PT Jakarta Propertindo (Jakpro). Jadi, ini murni program Pemprov DKI. Pembangunannya sendiri memakan waktu sekitar 1-2 tahun.

Rusunawa yang akan dibangun terdiri atas 15 lantai dan diprioritaskan untuk warga yang tempat kerjanya dan tempat sekolah anaknya paling dekat dengan lokasi rusunawa. Luas lahan untuk area rusunawa ini mulai satu hingga dua hektar. Ika menyebutkan, selain yang tadi disebutkan pembangunan Rusunawa terpadu akan dilaksanakan di 10 lokasi pasar tradisional a.l. di Pasar Sunter, Cempaka Putih, Jembatan Besi, Sindang, Serdang, Grogol, Lontar Kebon Melati, Jelambar Polti, Sukapura, dan Blok G Tanah Abang. (GUN)