Senin, 20/10/2014

Andalkan Aset Tanah, Kimia Farma Bangun Hotel dan Rumah Sakit

-jktproperty.com
Share on: 984 Views
Andalkan Aset Tanah, Kimia Farma Bangun Hotel dan Rumah Sakit
Foto: Istimewa
EKSPANSI KIMIA FARMA: Punya aset tanah di berbagai kota, BUMN farmasi Kimia Farma berencana merambah bisnis properti dengan membangun hotel yang terintegrasi dengan rumah sakit dan klinik serta apotek.

JAKARTA, jktproperty.com – BUMN Farmasi PT Kimia Farma Tbk. berencana melakukan ekspansi di sektor properti dengan membangun hotel yang terintegrasi dengan rumah sakit dan klinik.

Direktur Pengembangan PT Kimia Farma Tbk. Wahyuli Syafari mengatakan Kimia Farma memiliki aset tanah yang cukup untuk dikembangkan. “Daripada aset tanah itu nganggur dan terbengkalai, lebih baik dijadikan mesin uang,” katanya di Jakarta pekan lalu.

Menurut dia, pihaknya merencanakan mendirikan hotel, rumah sakit dan klinik di lokasi tanah yang kini dimiliki Kimia Farma. BUMN itu menjalin kerjasama dengan PT Wijaya Karya Tbk untuk membangun sebuah rumah sakit di Jl. Saharjo, Jakarta Selatan. Di sini Kimia Farma memiliki tanah seluas 5.000 m2. “Masih dalam kajian, kemungkinan sistemnya BOT. Di sini kami akan membangun rumah sakit dengan segmentasi ibu dan anak. Selain rumah sakit, Kimia Farma juga akan memperbanyak jumlah apotek hingga klinik. Klinik dan apotek tersebut akan dibangun pada lahan milik perseroan,” tambah Wahyuli.

Tak hanya di Jakarta, Kimia Farma juga akan memanfaatkan lahan-lahannya yang tersebar di berbagai kota seperti Surabaya, Medan, Denpasar dan Bandung. Bahkan di Bandung, tepatnya di Jl. Ir. H. Djuanda (Dago), selain dibangun apotek dan klinik, lahan tersebut juga akan dikembangkan menjadi hotel. “Di Kimia Farma Dago akan dijadikanhotel terintegrasi dengan apotek dan klinik. Lantai 1 untuk apotek, lantai 2 untuk klinik dan lantai 3 untuk hotel,” katanya. (EKA)