Selasa, 11/11/2014

Akuisisi Saham Artoda, Bhuwanatala Miliki Mal Star Square Manado

-jktproperty.com
Share on: 2032 Views
Akuisisi Saham Artoda, Bhuwanatala Miliki Mal Star Square Manado
Artist Impressions: Star Square Manado
STAR SQUARE MANADO: Akuisisi PT Bhuwanatala Indah Permai Tbk (BIPP) melalui anak usahanya, PT BIP Tridaya Propertindo dengan membeli 70.000 saham PT Artoda Karya Gemilang membuat perusahaan ini memiliki mal Star Square Manado.

JAKARTA, jktproperty.com – PT Bhuwanatala Indah Permai Tbk (BIPP) melalui anak usahanya PT BIP Tridaya Propertindo dipastikan akan mengambil-alih 70.000 saham PT Artoda Karya Gemilang, yang saat ini tengah mengembangkan proyek komersial di Manado, termasuk di dalamnya proyek Mal Star Square Manado. Nilai akuisisi saham tersebut diperkirakan mencapai Rp70 miliar.

Menurut Arianto Sjarief, Sekretaris Perusahaan PT Bhuwanatala Indah Permai Tbk. dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) menyebutkan, Artoda berkedudukan di Jakarta Timur. Perusahaan tersebut saat ini sedang mengembangkan proyek pusat perbelanjaan di Manado. “Perusahaan ini [Artoda] tengah membangun kompleks komersial berupa pusat perbelanjaanStar Square,” katanya.

Dalam keterbukaan informasi BEI, disebutkan bahwa BIP Tridaya telah menandatangani nota kesepahaman dengan Artoda pada awal bulan ini. Selanjutnya adalah penandatanganan perjanjian pengikatan jual beli saham. Perseroan akan segera melakukan akuisisi setelah Artoda mendapat persetujuan dari para pemegang sahamnya. Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Artoda akan digelar 30 hari sejak pengumuman aksi ini disampaikan di surat kabar.

Berdasarkan laporan keuangan BIPP per September, kepemilikan saham perseroan di BIP Tridaya sebesar 67,41%. Adapun ekuitas emiten properti tersebut per September 2014 lalu tercatat senilai Rp449,08 miliar.

Sejauh ini, perusahaan diketahui mendapatkan pendapatan sewa ruang perkantoran di Jakarta. Dan perusahaan mengandalkan kontribusi segmen perhotelan untuk mendorong kinerja di 2014. Hingga akhir tahun perusahaan menargetkan pendapatan usaha naik sebesar 86,4% dibandingkan Rp59 miliar di 2013.

Menurut catatan jktproperty.com, Star Square dibangun sejak 2012 lalu dan seharusnya mulai beroperasi akhir 2013. Namun hingga kini pembangunannya belum tuntas. (PIT)