Senin, 18/08/2014

Ahok: “Di Tingkat Dunia Harga Properti Kita Masih Undervalue

-jktproperty.com
Share on: 601 Views
Ahok: “Di Tingkat Dunia Harga Properti Kita Masih <em>Undervalue</em>“
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

JAKARTA, jktproperty.com РWakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok mengatakan harga properti di Jakarta masih di bawah rata-rata harga properti di kota-kota dunia, bahkan di tingkat ASEAN sekalipun.

“Di tingkat dunia properti kita masih undervalue, di bawah harga. Dibandingkan dengan harga properti di negara-negara ASEAN pun harga properti kita masih rendah,” katanya.

Namun, kata Ahok, harga properti di Jakarta, meskipun masih rendah dibandingkan dunia, hanya bisa dijangkau oleh kalangan menengah atas. Apalagi kenaikannya sekarang ini sudah gila-gilaan. “Ini sangat menguntungkan kelas menengah atas yang berinvestasi di properti. Tapi bagi kalangan bawah justru sebaliknya,” katanya.

Untuk itulah, Pemprov DKI Jakarta ke depan akan lebih mendorong pembangunan hunian bagi kalangan kurang mampu di Jakarta. “Bukan kami nggak suka dengan orang kaya. Tapi kami akan fokus menyediakan tempat buat mereka [masyarakat bawah] dengan membangun rumah susun sederhana sewa [rusunawa], yang nggak boleh dijual atau disewain lagi,” kata Ahok.

Ahok mengatakan pemerintah memang menyediakan rusunawa yang terjangkau tarif sewanya, meski dalam praktiknya ada saja penyimpangan, seperti menyewakan kembali rusunawa dengan tarif yang lebih tinggi dari yang ditetapkan pemerintah.

“Sekali lagi saya mau katakan bukan kita tidak senang orang kaya. Anda silahkan kaya raya, itu hak Anda. Tapi ada UU untuk membatasi Anda mengambil hak orang,” katanya. (EKA)